header ads

Kalimat Yang Wajib orang tua katakan pada anak





Kalimat Yang Wajib orang tua katakan pada anak setiap hari



Kalimat positif yang Ayah/Ibu ucapkan akan membuat anak merasa aman dan nyaman berada di sisi orangtuannya. Di masa masa sulit, ia akan tahu cara bangkit kembali. Itu karena kalimat positif anda yang selalu diingatnya.

Yuk, 
Mulai biasakan diri anda untuk mengucapkan kalimat-kalimat positif yang dapat membantu anak tumbuh jadi pribadi yang lebih baik dimasa depan. 


Tapi perlu diingat, ucapkan kalimat positif dengan ditambahkan alasan kenapa anak pantas mendapatkannya, Ya. Misalkan ketika dia berhasil menghabiskan makanannya sendiri atau menang lomba menggambar. 



Kalimat positif dan pujian yang diberikan kepada anak jadi semakin bermakna.

Lalu apa saja sih kalimat positif yang sebaiknya kita ucapkan pada anak setiap hari ? Dikutip dari Popbela, berikut kalimat positif yang sebaiknya diucapkan pada anak

1. Ayah atau Ibu sayang kepadamu

Dalam keseharian, mencintai anak saja belum cukup, yang lebih penting lagi adalah anak sadar bahwa mereka dicintai. Katakan "Bunda sayang kamu" atau "Ayah sayang kamu" disertai dengan pelukan hangat atau ciuman di pipi. 


Anak-anak akan merasa bahagia mengetahui dirinya mendapat kasih sayang yang begitu besar dari kedua orang tuanya.

2. Ayah/ibu lebih suka jika kamu melakukan


Setiap hal yang dilakukan oleh anak, anak selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Beri pujian lain saat anak sedang berjuang mengerjakan sesuatu, seperti " Ibu tahu kamu selalu lakukan yang terbaik"


3. Kamu membuat Ayah/Ibu bahagia


Apapun yang sedang dikerjakan oleh anak dirumah, coba kamu dekati dan temani aktifitasnya. kamu juga bisa buat kehadirannya lebih berarti dengan mengatakan "Ibu senang menjadi orang tua kamu"

4. Ayah/Ibu Bangga kepadamu

ketika anak menunjukkan sesuatu yang mendukung perkembangannya, sebagai seorang ibu kamu harus memberi pujian supaya anak terus terdorong untuk selalu melakukan hal-hal positif yang bisa dipersembahkan pada ibu. Cukup dengan mengucapkan "kamu buat ibu bangga", sang anak akan merasa bahagia

5. Ayah/Ibu percaya kepadamu


Dengan memberi kepercayaan pada anak, anak akan berusaha menjaga kepercayaan itu supaya nggak mengecewakanmu. Meskipun anak nantinya melakukan kesalahan, sebaiknya kamu tetap ucapkan kalimat yang membangun, seperti "Ibu percaya sama kamu"



Ingat ya bu, segala sesuatu yang ibu katakan kepada anak itu secara tidak langsung bisa berdampak pada psikologis anak. 



Maka dari itu sebaiknya ibu lebih berhati-hati ketika sedang berbincang-bincang dengan anak. Gunakanlah kalimat-kalimat positif yang menyenangkan sekaligus memotivasi anak.  



Ada saat nya anak membuat orangtua kesal karena melakukan perbuatan tidak baik. Namun bukan berarti orangtua harus memarahi anak dan melarang larang anak.



Bahkan Justru biasanya saat anak dilarang ia malah akan semakin berulah. 



Oleh sebab itu, Mulailah mengubah perkataan larangan yang membuat anak justru merasa tertekan dengan perkataan positif yang dapat membuat anak mengerti alasan ia tidak boleh melakukan hal tersebut. 



Anak adalah asset masa depan , Siapa dan menjadi apa mereka kelak adalah peran dan tugas orang tua untuk mendidik dan mengarahkannya agar mereka bisa menjadi insan yang sukses di dunia dan juga di akhirat. 



Oleh karena itu hal yang perlu kita berikan ke dalam jiwa si anak adalah kata-kata dan motivasi positif. Agar energi positif dari ucapan kita itu terus masuk dan menjadi sebuah kepercayaan dalam dirinya.






Lebih baru Lebih lama

Fashion

header ads

Aqiqah Sidoarjo

header ads
header ads