header ads

Hukum Aqiqah bagi yang sudah meninggal | 081231666605

Hukum Aqiqah bagi yang sudah meninggal 

Aqiqah memang disyariatkan bagi kelahiran buah hati. pada hari ke tujuh, ke empat belas, ke dua puluh satu atau kelipatannya pada kelahiran si anak. untuk anak laki-laki disyariatkan dua ekor kambing. Sedangkan untuk anak perempuan satu ekor kambing. Ulama mengatakan apabila tidak mampu menyembelih pada hari ke tujuh, boleh dilakukan pada hari ke empat belas, kalau tidak bisa juga pada hari ke dua puluh satu, apabila masih belum bisa pada hari tersebut, pada hari ke berapa pun bisa diselenggarakan aqiqah tersebut. 

Adapun orang yang sudah meninggal tidak di aqiqahi, tetapi didoakan untuknya ampunan dan rahmat. doa kebaikan untuknya lebih baik dari pada hal lainnya, berdasar ucapan Nabi Shallallahu alaihi wassalam, yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiyallahu anhu 
"Apabila seseorang telah meninggal dunia, terputuslah amalannya, terkecuali tiga hal yaitu : Sedekah jariyah, Ilmu yang bermanfaat, dan anak shalih yang mendoakan kebaikan untuk orang tuanya. 


Dalam hadits diatas Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam mengatakan anak shalih yang mendoakan kebaikan untuknya, beliau tidak mengatakan "anak shalih yang mempuasakan atau menghadiahkan amalan shalat untuknya  atau bersedekah untuknya atau amala yang semisalnya. Hal ini menunjukan bahwa doa kebaikan untuk orang mati lebih utama dari pada amalan yang pahalanya dihadiahkan untuknya. 

Hikmah AQIQAH
- Aqiqah merupakan suatu pengorbanan yang akan mendekatkan diri anak kepada Allah SWT, dimasa awal anak tersebut menghirup udara kehidupan.


- Aqiqah merupakan suatu bentuk pengorbanan bagi anak dari berbagai musibah dan kehancuran, sebagaimana Allah SWT, telah mengorbankan Ismail as, dengan menggantikan sembelihan yang besar.


- Aqiqah Merupakan pembayaran hutang anak,untuk memberikan syafaat kepada kedua orang tuanya, kelak dihari kiamat.


- Aqiqah merupakan perwujudan rasa syukur atas keberhasilan pelaksanaan syariat islam dan kelahiran serta bertambahnya generasi mukmin.


- Aqiqah akan memperkuat tali ikatan cinta diantara anggota dan elemen masyarakat,sebab dengan berkumpul, duduk makan bersama dengan penuh kegembiraan menyambut generasi muslim baru.


- Aqiqah mempererat tali silaturahim, dalam hal ini aqiqah menjadi media berlangsungnya komunikasi dan interaksi sosial yang erat dan sehat.
 

Untuk mempermudah anda dalam melaksanakan Acara Aqiqah, Syiar Aqiqoh siap membantu pemesanan Aqiqah atau Syukuran. Bagi yang berminat untuk melaksanakan aqiqah atau syukuran Anda dapat melakukan pemesanan segera dengan menghubungi nomor dibawah ini.
 

SYIAR AQIQOH
Pusat Layanan Aqiqah, Khitan, Nikah Sesuai SyariahJl. Raya Kebonsari No.8 Surabaya
Tlp : 0318285556
0318285557

Call/SMS : 08123166604
https://bit.ly/adminsyiar604

Call/SMS : 081231666605
https://bit.ly/adminsyiar605

Follow Kami di :
BBM : 2BEB6A30
FB : https://www.facebook.com/Syiar.AqiqohQurban
Twitter : https://www.twitter.com/syiar_aqiqoh
IG : https://www.instagram.com/syiaraqiqohofficial/
youtube : http://bit.ly/syiaraqiqohyoutube

Lebih baru Lebih lama

Fashion

header ads

Aqiqah Sidoarjo

header ads
header ads